Musyawarah Besar Evaluasi Kinerja dan Pergantian Pengurus HIMA MPM Kabinet Ruang Makna

Musyawarah Besar Evaluasi Kinerja dan Pergantian Pengurus HIMA MPM Kabinet Ruang Makna

Jatinangor – Himpunan Mahasiswa Manajemen Produksi Media (HIMA MPM) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) telah sukses melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) pada Minggu, 10 Desember 2023, di Student Centre Fikom Unpad. Acara ini menandai akhir periode kepemimpinan Kabinet Ruang Makna dan mempersiapkan langkah menuju kepemimpinan yang baru.

Mubes bertujuan untuk membahas perkembangan HIMA, mengesahkan ketua HIMA MPM selanjutnya, dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban sebagai evaluasi kinerja yang telah dilakukan satu tahun terakhir oleh HIMA MPM Kabinet Ruang Makna 2023. Musyawarah Besar, sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi, menghadirkan dinamika yang signifikan dalam menentukan arah organisasi. Dengan dihadiri oleh lebih dari 70% anggota aktif HIMA MPM Fikom Unpad, acara ini secara resmi membuka pintu evaluasi terhadap program kerja, kinerja, dan laporan pertanggungjawaban selama satu tahun terakhir oleh HIMA MPM.

Mubes HIMA MPM Kabinet Ruang Makna dipimpin oleh tiga presidium, Vanni Maria Ambarita, Bhisma Sukarno, dan Rizky Nur Affandi. Tugas dan wewenang masing-masing presidium dijalankan dengan baik, menjaga jalannya sidang yang penuh dengan nuansa demokrasi.

Seluruh rangkaian dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan peraturan & tata tertib kongres, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Hima, Agung Widodo, dan Wakil Ketua HIMA MPM, Sativa Azzahrah. Kemudian, pemaparan hasil revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan diskusi tanya jawab dipimpin oleh
presidium, lalu pengesahan hasil revisi AD/ART oleh presidium berdasarkan keputusan quorum.

Bagian selanjutnya dari acara adalah presentasi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari masing-masing bidang, dimulai dari urutan Bidang Eksternal, yaitu Departemen Hubungan Eksternal, Departemen Sosial Lingkungan, Departemen Ekonomi Kreatif, kemudian bidang PSDMO (Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisasi), yaitu Departemen Kaderisasi, Departemen Pengembangan Organisasi, lalu bidang PPMA (Pengembangan Potensi Mahasiswa dan Advokasi) yaitu Departemen Hubungan Internal, Departemen Akademik dan Keprofesian, Departemen Seni Budaya dan Olahraga, setelah itu bidang Medkrafin (Media Kreatif dan Informasi), yaitu Departemen Videografi, Departemen Komunikasi dann Informasi, selanjutnya BPH (Badan Pengurus Harian), yaitu Sekretaris, Bendahara, Ketua Himpunan dan Wakil Ketua Himpunan.

 

Setiap departemen memaparkan laporan pertanggungjawaban program kerja serta evaluasi menyeluruh dan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan laporan pertanggungjawaban selama 10 menit, diikuti sesi tanya jawab selama 5 menit oleh alumni himpunan dan peserta kongres. Keputusan Mubes dianggap sah apabila disetujui oleh 75% dari seluruh anggota kongres HIMA MPM Fikom Unpad yang hadir.

 

Setelah melalui serangkaian presentasi, diskusi, dan evaluasi, Mubes HIMA MPM Kabinet Ruang Makna 2023 ditutup dengan pengesahan dan serah terima jabatan Ketua Himpunan. Agung Widodo menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan kepada Rafael Januario, yang akan memimpin HIMA MPM Fikom Unpad pada tahun 2024.

 

Mubes HIMA MPM tidak hanya menjadi ajang evaluasi dan pemilihan pengurus, tetapi juga sebagai wadah apresiasi terhadap karya nyata yang telah dilakukan oleh HIMA MPM. HIMA MPM mendapat nominasi sebagai aksi sosial terbaik di Fikom Awards dan media sosial terkreatif di Unpad Awards, menunjukkan kontribusi positif yang telah diberikan oleh organisasi ini dalam lingkup internal dan eksternal.

Sebagai bagian dari tradisi dan budaya keorganisasian, Musyawarah Besar HIMA MPM Fikom Unpad 2023 sukses menciptakan momentum bersejarah. Semangat kebersamaan, kreativitas, dan dedikasi anggota HIMA MPM terpancar dalam setiap tahapan acara. Pergantian pengurus diharapkan membawa semangat baru dan inovasi untuk menjawab tantangan masa depan, menjadikan HIMA MPM Fikom Unpad sebagai wadah pembentukan karakter dan pengembangan potensi mahasiswa di jurusan manajemen produksi media.

(Kotributor Berita: Puspa Aulia – 210104220003)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *