Keberadaan Program Studi Diploma 4 Manajemen Produksi Media (Prodi D4 MPM) merupakan bagian dari upaya Pimpinan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mengembangkan program-program studi Diploma 3 di lingkungan Unpad. Tujuan pengembangan Prodi D3 antara lain untuk meningkatkan status kependidikan mahasiswa Unpad dalam menjawab tantangan dunia sains dan teknologi yang berkembang pesat.

Prodi D4 MPM didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 116/UN6.RKT/KEP/HK/2016 yang ditandatangani langsung oleh Rektor Unversitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad pada tanggal 21 Juli 2016. Pendirian Prodi D4 MPM bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Creative Media Content Specialist (ahli pengembangan konten media kreatif) yang memiliki latar belakang pendidikan bidang Ilmu Komunikasi Terapan. Kebutuhan akan Creative Media Content Specialist meningkat secara signifikan seiring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, serta industri kreatif kontemporer.

Mengingat banyaknya subprofesi dalam industri media kreatif, Prodi D4 MPM Fikom Unpad menentukan Creative Media Content Specialist sebagai profil lulusan. Profil lulusan ini merujuk pada sebuah posisi atau profesi yang dapat menciptakan konten teks, visual, audio, video, serta multimedia yang kreatif, menarik, selaras dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi kontemporer. Profil lulusan Prodi D4 MPM memiliki sejumlah kompetensi, meliputi: Memiliki kompetensi dan keterampilan memproduksi konten teks, visual, dan multimedia; Memiliki kemampuan dalam mengelola produksi konten teks, visual, dan multimedia; Memiliki kemampuan analisis data untuk kebutuhan produksi konten teks, visual, dan multimedia; dan Menghasilkan kemampuan dalam menjunjung tinggi norma sosial, etika profesi, dan memiliki keluhuran budaya.

Profil lulusan prodi manajemen produksi media sesuai dengan unsur kemampuan level 6 KKNI, yakni mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi; Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural; Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok; serta Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.