MPM Gelar Kuliah Umum: Peran Media Sosial Menumbuhkan Minat Pariwisata Indonesia

MPM Gelar Kuliah Umum: Peran Media Sosial Menumbuhkan Minat Pariwisata Indonesia
Perkembangan media sosial yang semakin marak akhir-akhir ini merambah hampir semua sudut kehidupan masyarakat. Media sosial yang awalnya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, pada perkembangannya dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan kelembagaan, mulai dari bisnis sampai pemerintahan. Di sisi lain, sektor pariwisata Indonesia yang mulai menggeliat di tengah pandemi membutuhkan medium pemasaran yang menjangkau sasaran yang lebih luas. Untuk itu, Program Studi Manajemen Produksi Media (Prodi MPM) Fikom Unpad menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Peran Media Sosial Menumbuhkan Minat Pariwisata Indonesia”, pada Jumat (10/12/2021). Acara yang dibuka oleh Kaprodi MPM Dr. Iwan Koswara, M.Si. ini dihadiri oleh mahasiswa MPM Fikom Unpad dari berbagai angkatan serta dosen-dosen dari berbagai prodi di lingkungan Fikom Unpad. Shishi Radinda Putri, seorang social media & content specialist kenamaan menjadi narasumber dalam kuliah umum kali ini. Dalam paparannya, Shishi menekankan pada pemanfaatan hal-hal yang trend atau viral di media sosial sebagai salah satu bahan untuk mengolah konten-konten pariwisata. Salah satunya, jelasnya, adalah pemanfaatan lagu yang tengah viral agar bisa menarik perhatian audiens. Kuliah umum ini merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen Media Sosial. Pengampu mata kuliah Manajemen Media Sosial Dr. Herlina Agustin, S.Sos., M.T. memaparkan pelaksanaan kuliah umum ini berlangsung rutin untuk memperkaya pengetahuan dan sharing keterampilan pengelolaan media sosial untuk konten-konten spesifik. Hal sama diakui Anggung Suherman, salah satu dosen mata kuliah Manajemen Media Sosial. “Ini sebenarnya sharing session dengan praktisi dari eksternal kampus, tiap tahun ada sharing session.” ***