Prodi MPM Mulai Menerapkan Kurikulum Modular Pada Tahun Akademik 2023/2024

Prodi MPM Mulai Menerapkan Kurikulum Modular Pada Tahun Akademik 2023/2024

Mulai semester ganjil tahun akademik 2023/2024 Program Studi Manajemen Produksi Media (MPM) menerapkan kurikulum modular. Kurikulum Modular yang disusun Prodi MPM adalah kurikulum berbasis capaian pembelajaran atau Outcome Based Education (OBE), dimana pendekatan Pendidikan menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif.

Prodi MPM pada awalnnya lahir dengan tujuan untuk menghasilkan profil lulusan sebagai Media Content Spesialist dan Media Content Entrepreneurship, kemudian dikembangkan menjadi Creative Media Content Specialist (Ahli Pengembangan Konten Media Kreatif), yang berfokus pada bidang produksi media kreatif. Untuk menempuh jenjang sarjana terapan, mahasiswa diwajibkan mengikuti 144 SKS dengan mata kuliah yang diampu oleh dosen internal Fikom Unpad dan dosen praktisi.

Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Produksi Media didesain dengan menggunakan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) melalui Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, serta sudah dikembangkan oleh Prodi Manajemen Produksi Media sejalan dengan visi, misi, sasaran dan tujuan yang dirumuskan oleh Unpad.

Sejalan dengan SKKNI, kurikulum Prodi Manajemen Produksi Media mengacu pada Peta Okupasi Nasional dalam Kerangka Kualifikasi Bidang Komunikasi tahun 2018 dengan mempertimbangkan profil dan learning outcome yang akan dicapai yang memenuhi level KKNI 6. Profil lulusan atau learning outcome yang telah disepakati kemudian dilengkapi dan disempurnakan melalui lokakarya yang melibatkan stakeholder internal dan stakeholder eksternal.

Proses Penyusunan Kurikulum Modular